Kalimat Bijak :

Sunday, September 6, 2015

Tegakan Eucalyptus Berpengaruh Buruk Terhadap Kesuburan Tanah?


ISU YANG BERKEMBANG :

Tegakan Eucalyptus berpengaruh buruk terhadap kesuburan tanah



JAWABAN ATAS ISU YANG BERKEMBANG :

TEGAKAN EUCALYPTUS TIDAK BERPENGARUH BURUK TERHADAP KESUBURAN TANAH TETAPI SEBALIKNYA MEMBERIKAN KONTRIBUSI POSITIF BAGI KESUBURAN TANAH DI BAWAH TEGAKANNYA

Sekalipun Eucalyptus tidak manambat Nitrogen dari udara, pertumbuhan fisik dan pembusukan akar-akarnya menguntungkan tanah. Melalui mekanisme pengguguran daun, aliran batang (stem flow) dan air lolos (troughfall) Eucalyptus menyumbangkan kontribusi terhadap suplai unsur hara dalam tanah.

Hasil penelitian :  Eucalyptus mampu memberikan kontribusi unsur hara terhadap tanah melalui seresah daun sebesar 66% – 76% yang diikuti ranting 16% – 24% dan kulit kayu 5% – 10%. Pada kerapatan 1.167 pohon/ha dan 1.133 pohon/ha diperoleh produksi seresah sebesar 3.377 kg/ha dan 6.207 kg/ha. Jumlah hara utama yang dikembalikan ke tanah melalui seresah adalah 30 – 59 kg/ha Nitrogen, 2 – 4 kg/ha Fosfor, 15 – 31 kg/ha Kalsium, dan 5 – 9 kg/ha Magnesium yang sebagian besar dikembalikan melalui seresah daun yang diikuti oleh seresah ranting dan kulit kayu (Goerge, 1979).

Besarnya produksi seresah pada Eucalyptus menunjukkan kemampuannya menekan laju pencucian unsur hara sehingga mempertahankan daya ikat terhadap Nitrogen yang optimal.

Tabel : Kandungan unsur hara di bawah tegakan Eucalyptus deglupta (Ampupu) di HTI PT. INHUTANI  I Gowa – Maros.
Tegakan
Kedalaman tanah   (cm)
N (%)
P (ppm)
K (me/100 g)
Eucalyptus deglupta
0 – 30
30 - 60
0.40 (s)
0.31 (s)
1.07 (sr)
0.44 (sr)
0.61 (t)
0.39 (s)
Sumber : Halidah, 1998
Keterangan : s = sedang  ; r = rendah  ; t = tinggi  ; sr = sangat rendah


Eucalyptus terutama jenis-jenis yang tumbuh pada tanah marginal memiliki kemampuan mengakumulasikan hara dari bagian dalam tubuh tanah pada lapisan permukaan tanah. Hal ini mengakibatkan proses perbaikan struktur dan komposisi tanah di bawah tegakan Eucalyptus semakin cepat karena adanya bahan organik. Nilai Kapasitas Tukar Kation (KTK) di bawah tegakan Eucalyptus cukup baik yaitu 10.46 – 14.4 (Halidah, 1993). Nilai KTK yang baik menunjukkan potensi kemampuan tanah untuk menyerap dan melepas kation semakin baik.



Artikel Terkait